Value for Money, Pilihan Jatuh Pada Daihatsu All New Terios 2018

Dulur… ini gua mencoba mengetik artikel serius, sekali-sekali lah ya biar kesannya bukan seperti kacang yang lupa kulit. Awal muncul blog ini mengulas otomotif loh suer, meskipun ngetopnya malah di segmen lain, you-know-lah segmen apa, hehehe…
image

Kapan hari kan ada tuh peluncuran harga resmi OTR Surabaya Toyota All New Rush dan Daihatsu All New Terios belum lama di januari 2018 ini juga. Pilih mana antara Rush atau Terios? Hmmm kalau gua sih pilih yang murah lah ya pastinya, tapi ga murahan loh bro.

Biar fair, mari kita cermati bersama harga kedua saudara kembar beda ibu namun dengan ayah yang sama tersebut, hahahaha kenapa gua bilang seperti itu, lha kan sama-sama produksi daihatsu namun dalam kemasan toyota.πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„

Harga Toyota All New Rush 2018:
– 1.5 G MT Rp. 252.783.000
– 1.5 G AT Rp. 262.683.000
– 1.5 S MT TRD Rp. 264.083.000
– 1.5 S AT TRD Rp. 273.983.000

dan….

Harga Daihatsu All New Terios 2018:
– 1.5 X MT Rp. 201.750.000
– 1.5 X MT Deluxe Rp. 211.650.000
– 1.5 X AT Deluxe Rp 221.250.000
– 1.5 R MT Rp. 232.750.000
– 1.5 R AT Rp. 243.750.000
– 1.5 R MT Deluxe Rp. 242.750.000
– 1.5 R AT Deluxe Rp. 253.750.000

Eiittsss… ada catatan.
Untuk tipe yang paling murah antara terios dan rush tidak bisa saling diadu yang selisih harganya menyentuh angka 50juta lebih, dikarenakan HANYA TERIOS TIPE X yang merupakan tipe terendah memiliki versi velg 16 inch. Jadi kalau mau membandingkan yuk dimulai dari Rush G MT dan Terios R MT karena sama-sama memiliki velg 17 inch, biar adil begituuuu…

Tampak jelas lah yaa tanpa perlu ribet-ribet menghitung, di setiap tipe mulai dari 4 Terios tipe R dan 4 Rush tipe G&S memiliki selisih harga 20jutaan. Hmmm lumayan selisihnya bisa beli motor, merknya yamaha kalau bisa, hahaha uups keceplosan, hehe FBY-nya menyeruak.😁😁

Suka varian tertinggi? Khusus tipe selain Terios R Deluxe dan Rush S TRD sengaja gua kesampingkan dahulu. Mengingat kebiasaan masyarakat Indonesiahh lebih sukah memilih varian tertinggih atau termahal, yaiyalah horang Indonesiahh ituh kayah rayah huahahaha!!πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
Terlebih di varian paling mahal bakal bertemu seluruh fitur yang terdapat pada kedua mobil.

Oke kini gua coba benturkan harga termahal dari kedua merk ini. Benturkan harga berroo bukan benturkan body depan. Toyota melenggang dengan Rp. 273.983.000 (S AT TRD), sedangkan Daihatsu cukup Rp 253.750.000 (1.5 R AT Deluxe). Selisihnya Rp 20,233 juta. Lumayan dapat beli motor Yamaha Aerox, Nmax, Vixion nambah dikit, kalau beli Mio, SoulGT malah dapat kembalian hehehe.. ogah nyebut selain yamaha ah hahaπŸ˜‚

Nah saatnya membandingkan fitur-fiturnya. Keduanya mengusung ABS, EBD, VSC, HSA dan blablabla dan anggap saja sama.

Waktunya mengulik perbedaan keduanya. Penampilan Terios lebih menyilaukan mata akibat sentuhan krom yang lebih dominan, sedangkan Rush tampak kalem dengan balutan hitam di bagian depan. Memasuki interior, head unit (HU) 7 inci Rush lebih canggih karena bisa terkoneksi internet, serta dapat mengakses weblink dengan dukungan navigasi Waze. HU inipun terintegrasi dengan 8 surround sound speakers. (waktu itu gua cuma lihat fotonya saja, bukan fisiknya, maklumin ya)

Beralih ke HU Terios memang tak secanggih Rush kendati telah menerapkan 6 buah mid-range speaker dan 2 tweeter, namun sudah mampu menampilkan around view monitor 360 derajat. Dan bagi kita dengan ke-crowded-an surabaya, fitur ini sangat membantu saat parkir dan ini tak ada pada Rush. Perbedaan lainnya, Rush mengadopsi 6 airbags, sementara Terios cukup 2.

Memang sih HU Rush lebih canggih, namun seperti karakter orang Indonesia pada umumnya, rata-rata tidak terlalu aware. Bagi mereka mendengarkan musik atau radio sudah cukup, syukur-syukur bisa jadi GPS.

Tentang 6 airbags di Rush, sungguh gua apresiasi. Namun sesering apakah fitur ini terpakai? Amit-amit nih ya bukan berarti berharap ada kecelakaan, siapa sih yang pingin kena musibah, siapa sih yang pingin airbags muncul, kalau gua sih ih ogah deh. Tetapi penggunaan 6 airbags ini harus dibarengi dengan penggunaan sabuk keselamatan bagi penumpang yang duduk di jok baris kedua dan ketiga. Bila terjadi kecelakaan dan penumpang tak memakai sabuk pengaman, justru dampak cidera lebih parah. Apalagi kebiasaan orang Indonesia yang paling malas memakai sabuk pengaman saat berada di jok baris kedua dan belakang.

Ini berbeda dengan fitur kamera 360 derajat bawaan Terios. Dapat dipastikan fitur ini selalu terpakai saat kita mengemudikannya, baik saat parkir maupun jalan mundur.

Sederhananya tiap barang akan sangat bermanfaat bilamana sering terpakai. Bandingkan dengan barang mahal yang lebih sering teronggok dan jarang digunakan. Tak kalah penting selisih harga Rush dan Terios versi termahal bisa beli motor baru lho.

Hayo pilih yang mana?? Kalau gua sih jelas suka yang murah dan terjangkau. Sama halnya sejak jaman antara xenia-avanza, pilih xenia lah ya. Antara sigra-calya, pilih sigra lah ya. Dan yang ini antara rush-terios, pilih terios lah ya.

Sumpah bro bukan karena memihak merk daihatsu, tapi gua mampunya yang murah-murah aja, bondo cupet iki. Kalau seri innova ya jelas lah pilih innova, coz daihatsu ga bikin saudara kembar innova. Tuh kan gua ga berpihak merk, gua cuma main realita aja. Sebab kalau berpihak ke merk, yamaha doank dihatiku. hehehe….

Terios R MT Deluxe mantabh lah yaa, because the real man use 3 pedals.😎😎😎foto dibawah ini

image

image

image

ASTRA INTERNATIONAL DAIHATSU
JL.Panglima Sudirman 63 Surabaya
Informasi dan Pemesanan :
Heri Susanto
πŸ“ž 081234 6767 08 (telp/wa)

Posted from WordPress for Asus Zenfone Live

Penulis: John_Hendy

John Hendy of Mars

5 tanggapan untuk “Value for Money, Pilihan Jatuh Pada Daihatsu All New Terios 2018”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s