Motor Yamaha Kamu Terkena Penyakit Pasal 46, Jangan Gopoh Coba Cek Bagian Ini..

Dulurs…

Motor matic gua yaitu yamaha soulGT belum bluecore ngadat gans, ketika dibuat melaju kok tersendat-sendat kayak kena penyakit, waduh jangan-jangan kena penyakit flu motor. Ga nyaman dibuat jalan dan lama kelamaan kok lampu mid menyala berkedip, berkedip 10 kali terdiri dari 4 kedipan panjang dan 6 kedipan pendek, oh itu kena pasal 46 yang artinya suplai listrik terganggu.

Itulah resiko kalau punya matic yamaha 115cc generasi ymjet-fi ini, kelangsungan hidup motor tergantung pada aki, kalau aki loyo ya otomatis kinerja motor akan loyo semua.

Apalagi soulGT gua udah berganti sistem kelistrikan menjadi fullwave dengan mengaplikasikan kiprok milik vixion 3c1. Yang membuat arus listrik yang mengalir menjadi lebih besar maka pada saat awal pemasangan kiprok dulu kala gua menggunakan kabel 2,5mm biar kuat dan tahan lama.

Setelah lumayan lama muter-muter di jalanan ibukota dengan motor yang melajunya pleguk-pleguk, akhirnya sampai juga di rumah dan siap dibongkar. Sudah bisa gua tebak kalau pasal 46 ini biasanya menyerang sistem pengisian, jalur yang perlu diperhatikan adalah mulai dari spul dan kiprok. Udah dua bagian itu aja yang dicek dulu jangan buru-buru menjudge aki yang mau soak atau part lainnya yang error.

Benar kan feeling gua, kalau yang bermasalah bagian spul. Ternyata soket dari spul menuju kiprok mengalami kepanasan berlebih diakibatkan arus yang terlalu besar. Saking panasnya sampai membakar soket hingga meleleh membuatnya menempel satu sama lain. 

Ditarik sekuat tenaga ga lepas juga, ya udah terpaksa potong kavel yang akan beresiko membuat kabelnya menjadi lebih pendek. Diakalin aja deh disambung dengan kabel baru tapi disolder biar rekatnya joss. Kabelnya udah diupgrade agar tahan banting eehh malah sekunnya yang ga kuat panas..

Nah sekarang gini, mau upgrade sekun tapi sekun ya begitu adanya mau diupgde yang kayak gimana.. Yang gua khawatirin di keesokan hari akan kumat lagi penyakit seperti ini. Lha sekun dan soket asli dari pabrik aja sampe meleleh apalagi ini soket harganya cuma 1000 rupiah yaa mau bertahan berapa lama. Allahualam

Bila saja modif ubah kiprok dari AC menjadi DC tidak dilakukan, sudah pasti kejadian ini ga akan terjadi. Yaa namanya modif, tidak ada modif yang tidak memiliki resiko. Motor rancangan insinyur aja kadang kala masih terjadi kesalahan kok, apalagi gua yang cuma profesor abal-abal ini.

Dan setelah semua diperbaiki, syukurlah semua kembali normal nyesss seperti sedia kala. Hmm mungkin masalahnya juga karena sekun cewek kurang menggigit sekun cowok hingga membuat listrik ngevong. Dan udah juga gua tancapkan sekencang mungkin. 

Gud Lhaq…

CSDTK

😎😯😝😘

Posted from WordPress for Asus Zenfone 2 Laser 4G/LTE

Penulis: John_Hendy

John Hendy of Mars

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s