Komparasi Apa Adanya, Antara 2 Real DOHC, New Satria F150 vs Old CBR150R

Sugeng dulur…

Sebelumnya mohon dipahami, artikel ini murni pemikiran dari saya sang penulis dan satu-satunya admin blog ini, tanpa ada sangkut paut dengan pihak kedua. Maka apabila ditemui ketidak cocokan dengan pendapat anda, mohon dimaklumi, sebab tulisan ini murni isi otak saya seorang yang masih agak kacau kalau merangkai kalimat, dan tanpa pengaruh dari siapapun. Nah berhubung new satria F150 ada di tanganku, maka mau ga mau, siap ga siap, ini motor harus menerima perlakuanku. Hehehe…

image

Produk terbaru dari suzuki ini memang tidak bisa disangkal, bahwa kedigdayaannya tetap menjadi tonggak kejayaan motor ayago atau bahasa kerennya light sport hyper underbone. Syukur Alhamdulillah setelah aku diserahi unit ini oleh pihak dealer suzuki indrapura surabaya untuk diedel-edel, aku sempat terbesit ide untuk mem-versus-kan sang REAL DOHC ini, dan harus cari lawan yang REAL DOHC juga, jangan yang *sorry DOHC ABAL-ABAL. Real DOHC yang menjadi lawan adalah honda CBR150R, lebih baik klik dan simak link berikut ini dulu.. versus dengan honda CBR150R real DOHC milik sobat karib.

Hehe please yaa jangan pandang bentuk tubuh, kan namanya juga komparasi apa adanya, adanya cuma ini milik kawanku yang baik hati, bukan blogger, cuma pembaca setia yang kerjanya di bank namun suka racing. Hehe… Kelas mungkin sama, tapi kategori berbeda.

image

Artikel ini murni isi pikiranku dulu yaa, seorang FBY yang ga memihak suzuki ataupun honda.
Inilah penjabaran seadanya antara New Satria F150 vs CBR150R, yang sama-sama berbahan bakar oktan 92, dilakukan secara bergantian, tidak berbarengan.

Tes pertama yaitu adu speed dan kestabilan pada kecepatan tinggi, di jalan raya jemur sari surabaya.
Untuk satria bisa mencapai kecepatan 128kmh pada gigi 5, rpm njerit tanpa kecekik, belum sampai di batas maksimal motor, sebab sudah terasa melayang jauh ke awang-awang, keseimbangan berkurang drastis, maka harus dikurangi kecepatannya, takut terjadi hal yang tidak diinginkan. Tapi bisa disimpulkan bahwa top speed seharusnya bisa naik lagi.
Untuk CBR bisa mencapai kecepatan 142kmh pada gigi 6, rpm njerit tanpa kecekik, sudah sampai di batas maksimal motor, angka di speedometer ga nambah lagi, ga ada niat mengurangi kecepatan karena keseimbangan motor sangat baik, tapi lampu merah memaksaku untuk mengurangi kecepatan.

Tes kedua adu kestabilan saat cornering tajam.
Perlu digarisbawahi, aku hanya jago cornering tajam ke kiri bahkan sampai footstep tergores aspal dan memercikan api tapi sama sekali tidak jago cornering ke kanan.
Untuk satria, berkali-kali percobaan dan diulang-ulang, aku agak ngeri pas cornering tajam, grip ban terasa melayang karena kurang tekanan gravitasi.
Untuk CBR, nah berhubung aku pemilik Byson dan sering berlatih dengannya, maka saat cornering dengan CBR ini aku merasa mantabh dan yakin, tekanan gravitasi ban begitu kuat nempel di aspal.
image

Soal kelincahan dan akselerasi jangan ditanya, sudah pasti pada tau jawabannya. Soal kestabilan dan kemantapan kendali juga jangan ditanya. Namun aku rasa versus ini cukup adil sebab keduanya bermesin real DOHC yang mampu menjerit di rpm tinggi.

Tes ini dilakukan oleh saya, biker yang mungkin kurang ahli dan belum profesional, harap maklum. Tanpa ada kostum pengaman berarti hanya jaket dan celana apa adanya. Sebagai bahan acuan saja sebab ini kisah saya loh yaa, tidak begitu berharap untuk dipercaya, namun jadikan bahan bacaan yang cukup berguna.

image

Tidak ada bukti video apalagi jepretan saat mencapai speed di angka tersebut diatas, kostum aja apa adanya, apalagi action cam untuk bikin videonya. Maklum aku blogger baru, belum mendapat kepercayaan pembaca, dan masih ekonomi lemah yang mencoba sukses. Hehe

Itu aja sih dariku, kurang lebihnya ya silakan dicari titik kesimpulannya sendiri.

Atau mungkin dari pemirsa punya uneg-uneg yang mengganjel tentang versus ini dan ingin diutarakan, monggo langsung aja tulis di kolom komentar. Mungkin pertanyaannya cocok dan pas dengan apa yang aku alami tapi lupa hingga tidak tertuang di artikel ini, tulisan di atas siap diedit.

Gud Lhaq…

CSDTK

image
image

image

Posted from WordPress for Asus Zenfone 2 Laser 4G/LTE

Iklan

Penulis: John_Hendy

John Hendy of Mars

35 tanggapan untuk “Komparasi Apa Adanya, Antara 2 Real DOHC, New Satria F150 vs Old CBR150R”

  1. Biru vs orange (satria vs cbr)..
    Hehehe real dohc overbore ya om bonusnya..😁.

    Jedug2 om.. Artikel nya di tunggu nih

    Suka

  2. wheelbase tinggal dipanjangin satria kayaknya berpotensi jadi drag bike yg bagus
    cbr namanya juga motor sport kalo nggak bisa belok/dipake belok nggak enak diketawain livery repsolnya ntar 😆

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s