Pasang Alarm di New Vixion atau di Bebek dan Sport Yamaha Lainnya

Sugeng dulur…

Setelah tadi di artikel sebelumnya aku mengulas tentang relay mini, nah sekarang baru preketeknya prakteknya, relay mini ini aku gunakan pada yamaha new vixion advance yang baru turun pickup sebagai penunjang sistem stater remote jarak jauh yang biasanya menyatu pada sebuah perangkat alarm motor, yukk capcus langsung ke lapangan…

image

image

Mending langsung pasang alarm biar keamanan terjamin, because harga alarm ga sebanding dengan harga motor, mending beli alarm yang cuma beberapa ratus ribu daripada motor lenyap digondol anjing dan cuma bisa nangis gigit jari terus lari sambil teriak ke emaknya masing-masing. Ihhh amit-amit deh yaa…

image

Hitam ke kabel hitam.
Abu-abu ke relay, sebagai pemutus dan penyambung arus dari engine cut off, penjelasannya ada di bawah.
Biru ke relay, untuk stater jarak jauh dan penjelasannya ada di bawah.
Merah ke input kontak kabel warna merah.
Kuning satu ke hijau tua, satu lagi ke coklat tua.
Oranye ke output kontak kabel coklat muda.
Pink ga usah dipakai karena abu-abu tadi sudah cukup.

image

Nah ini skemanya, kabel warna biru dari modul alarm berarus positif ke 86 relay, 30 dan 85 dijadikan satu lalu disambungkan ke ground, nah output 87 kini sudah berarus negatif dan siap digunakan untuk menstater jarak jauh, langsung saja sambungkan ke kabel biru strip putih. Pin 87a bahno saja.

image

Nah ini hasil jadi relay setelah disolder dan siap diinstal.

image

Ini skema untuk kabel abu-abu tadi, pakai relay mini juga ga masalah.
Kabel abu-abu dari alarm masukkan ke pin 85.
Pin 86 sambungkan ke kabel warna coklat asli motor dimanapun kau jumpai.
Pin 87 biarin ga kepakai.
Kalau sayang harus potong kabel ori, mending copot sekun dari soket, kan udah jadi 2 cabang tuh, 1 untuk pin 30 & 1 untuk pin 87a.
Ini berfungsi sebagai pemutus arus apabila ada yang mencoba membobol kunci kontak, motor tidak akan pernah bisa nyala.

Enak deh sekarang, mau ditinggal kemanapun hati tenang, ketika alarm diaktifkan maka keamanan sudah menyelubungi motor. Sensitifitas juga bisa diatur dalam 4 level. Ketika bisa menyalakan mesin dari jauh tentu bisa mematikan mesin dari jauh.

image

Ditekan tombol lock bunyinya cuit artinya mengunci dan motor terkunci ga bisa dibuat jalan.
Ditekan tombol unlock bunyinya cuit cuit dan motor terbuka ready to go.
Ditekan 2x tombol speaker untuk menyalakan mesin meskipun dalam keadaan stang terkunci dan kontak tidak menempel tetep bisa nyala, untuk mematikan tinggal tekan tombol unlock.
Ditekan dan ditahan tombol lonceng untuk mengatur sensitifitas.
Ketika ada gangguan satu kali maka akan bunyi cuit cuit cuit cuit hanya sebagai peringatan.
Namun ketika ada gangguan lagi kedua kali maka sirene langsung berbunyi laksana pemadam kebakaran.

Cara ini sama untuk semua moped dan sport yamaha, namun kalau matic yamaha jauh lebih rumit lagi. Untuk honda, suzuki dan kawasaki di lain waktu yaa sebab kali ini khusus yamaha dulu.

Gud Lhaq…

CSDTK

Baca juga oprekan lainnya dulur:

image

image

image

Posted from WordPress for Windows Phone

Penulis: John_Hendy

John Hendy of Mars

96 tanggapan untuk “Pasang Alarm di New Vixion atau di Bebek dan Sport Yamaha Lainnya”

  1. Gan, mau tanya seputar starter. Sudah pasang sesuai skema diatas. Pencet tombol petir 1 nyala lampu. Pencet ke 2 malah mati. Dipencet 2x gk bisa starter. Cuman bunyi aja “njeeerrrrr” (suara kayak starter) tp gk mau idup. Mohon bantuannya gan, btw nice info.

    Matur nuwun, motorny R15 2015 gan

    Suka

      1. Thx gan reply nya, sudah bener semua, Alarm jg bisa fungsi, tp belom sempet pasang engine cut off nya saja nanti malam mau dilanjut lg.

        Td dah dicoba lagi, masalahnya tetep kayak td, Tp ada peningkatan. 2x tombol cepet spido nyala tp tetep gk bisa starter pakek remot. Kontak on pun jg gk bisa starter pakek remot.

        Nuwun bantuannya :3

        Suka

  2. Untuk pemasangan relay kabel biru itu salah bro, harusnya kabel biru ke kaki 85, kaki 86 sm 30 jadikan satu sambung ke ground, output kaki 87 ke kabel stater wrna biru garis putih. Silahkan dicoba

    Suka

  3. om, kalo masuk gigi ∂ï starter pake remot lompat apa tidak ? kok skema ∂ï atas tidak ada kabel yªήğ masuk switch netral…

    Suka

      1. Mas relay starter sesuai skema diatas . Posisi starter dr remot .. bisa .. tapi pas gigi masuk kok msh bisa di starter ya . Vixion advance . Posisi abu2 blm terpasang. Apanya yg salah ya. thx

        Suka

  4. om…. kok relay 5 pin saya bermasalah ya…kalo ∂ï mode on remot bisa nyala mesin… тαρι kalo ∂ï manual in mesin gk mau nyala… тαρι dinamo starter hidup…makasih !

    Suka

  5. om relay 5 pinn apa ada 2 macam kali ya… saya beli relay 5 pinn eh ternyata semua normaly open… kaki pinn [̲̅̅n̲̅y̲̅a̲̅] ∂ï paralel… akhir [̲̅̅n̲̅y̲̅a̲̅] ∂ï akalin sendiri …. baru bisa fungsi normal cut engine [̲̅̅n̲̅y̲̅a̲̅] …º°˚˚°º♏ªKª§Ǐ♓º°˚˚° º om atas skema °² [̲̅̅n̲̅y̲̅a̲̅] …. refrensi sangat membantu….👍 ….

    Suka

          1. Iya om da work 100% ane terapkan seperti tutorial di atas…makasih ya om,…ambil kabel cut off nya dari dalam headlampe kabel merah lis putih

            Suka

  6. gan mau tanya mengapa posisi kode angka pada relay pertama dan yang kedua berbeda.dan bisa tolong jelaskan bagaimana rincian tuk pemasangan engine cut off nya.Saya kurang faham gan,….?
    Terima kasih gan.

    Suka

  7. Untuk stater dr remot saya mangunakan Kabel biru dr modul alarm saya sambung langsung relay bawaan motor,sambung ke kabel biru putih. Lalu kabel coklat dr modul masuk ke relay tambahan, keluar dua kabel pink dan abu2.sambung ke warna msg2 yg ada dimotor letaknya sebelah kiri diatas tangki radiator. Coklat dr relay tambahan masuk ke kabel coklat ke kotak kecil bawaan motor ada tulisannya omro. Untuk stater lewat remot sukses. Akan tetapi ada masalah waktu lock alarm bunyi msh bisa distater dr motor dan klo stater dr motor gak bisa matiin mesin dr remot. Kira2 ada yg tau harusnya bagaimana? Tlg bantuannya

    Suka

  8. Teramat sangat bantuan nya…Untuk ninja Fi om…
    Sudah sesuai semuanya…tukang pasang nya jg nyerah…
    Injeksinya tidak mau nyala…klo di staterpun melalui remote tidak nyala…
    Padahal sudah sesuai semuanya om…
    Ada kesalahan kah…?
    Mohon bantuan skema nya om

    Disukai oleh 1 orang

  9. mhon bantuannya mas ..,
    itu skema relay yg di atas dengan yg di bwah kok posisi dri nilai relaynya berbeda ya mas ., atau tipe dri relaynya berbeda ya., mhon bantuannya mas … trima ksih

    Suka

      1. fungsi nya emang beda mas , saya tau kok , tpi posisi dari “NILAI” relaynya itu lo mas ,, yg nilai pada skema di atas pin 35 nya di tengah , tp kok yg skema di bawah malah jadi pin 87A nya yg di tengah , posisinya pun letaknya berbeda .., itu makanya sya tanya apakah Type dari relaynya berbeda , mhon bantuannya ya mas ,, Trima ksih

        Suka

  10. siang mas…
    mau nanya, ane pakai agras di byson fi. sekema sama kayak yg diatas. cuma saya pake riley Bosch yg 87 dan 87A paralel (trlanjur beli), udh kepasang sesuai diatas tapi kasusnya remot bisa lock n unlock tapi gk isa starter, manual pun gk isa nyala starternya.
    nah akhirnya ane lepas (gk kepakek) tuh yg kabel abu/pink (engine cut ane balikin ke soketnya) permasalahan slesei mesin mau nyala.
    tapi muncul lagi masalah, klo starter manual trs di cut off dri remot gk isa, klo totally dri remot (nyala n matiin) bisa.

    mungkin ada saran.
    thanks gan ilmunya.

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s