Cara Untuk Mengetahui Angka Pada Pin Relay Mini 12v

Sugeng dulur…

Nemu part kecil mungil dengan sejuta manfaat, relay namanya, hmm siapa yang tak kenal relay, tak kenal brarti tak tau. Relay sendiri banyak jenisnya seperti relay matic yang biasa disebut relay 5 kaki dengan pin 87 pemisah, relay manual ada yang 4 & 5 kaki kalau 5 kaki itu ada 2 pin 87 gabung, naahh untuk yang relay mini 12v dengan 5 kaki ini yang aku ulas lebih lanjut..
image

Fungsi dari relay sendiri bermacam-macam, seperti merubah arus input positif menjadi output negatif begitu juga sebaliknya merubah arus input negatif menjadi output positif dan sebagai katup buka tutup arus daann fungsi yang paling utama adalah memperpendek arus alias mempersingkat arus, maksud dari memperpendek arus adalah mempersingkat sumber listrik ke beban tanpa terlebih dahulu muter-muter ke kabel body dulu.

Gimana sih cara untuk mengetahui angka pin pada relay yang ga diketahui seperti relay mini tersebut??
Cukup sediakan multimeter, arahkan ke ohmmeter dan sebatang dunhill filter.

image

Kan ada 2 pen pengukur tuh dari multimeter lazimnya berwarna merah dan hitam, tempelkan bergantian satu persatu sampai ketemu 2 pin bila ditempeli pen merah dan hitam si jarum multimeter bergerak kencang, itu tandanya pin tersebut ada koneksi kuat.

Dalam keadaan belum tersentuh arus seperti gambar diatas, bila ada 2 pin yang terkoneksi sangat bisa dipastikan itu pin 30 dan 87a, kenapa bisa disimpulkan demikian, karena pin 30 dan 87 hanya akan tersambung bila semua pin pada relay sudah teraliri arus.
Sedangkan untuk pin 85 & 86 cara mengetahuinya pun sama dengan ohmmeter, namun saat ditempeli pen merah hitam si jarum multimeter juga bergerak namun lemah.

Angka pada pin relay mini tidak tertulis, berbeda dengan relay yang gede yang biasa dipakai di kelistrikan mobil dan motor. Namun jangan salah relay mini juga kuat menopang kelistrikan pada motor dan mobil sebab spesifikasinya 12v.
image

Keunggulan: kecil, praktis, murah, irit tempat, untuk keawetan sama dengan relay gede.
Kelemahan: ribet pemasangannya, ga bisa main langsung colok karena harus disolder dan kalau mau mudah dibongkar pasang perlu penambahan soket & sekun.

Aku sendiri menggunakan relay mini ini untuk pemasangan sistem stater jarak jauh pakai remote pada motor yamaha saja, honda kawasaki suzuki tidak perlu, sebab pengendali stater pada yamaha berarus negatif sedangkan stater remote berarus positif, maka harus merubah input positif menjadi output negatif dahulu.

Gud Lhaq…

CSDTK

image
image

image

Posted from WordPress for Windows Phone

Penulis: John_Hendy

John Hendy of Mars

8 tanggapan untuk “Cara Untuk Mengetahui Angka Pada Pin Relay Mini 12v”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s