Kebiasaanku Selama Ini, Cara & Taktik Beli Oli Agar Terasa Murah, Boleh Ditiru

Sugeng dulur…

Oli adalah darah bagi sebuah kendaraan bermotor, berhubung motor dan mobil ga punya ginjal pada manusia yang ga perlu ganti darah, maka di kendaraan bermotor harus dilakukan pergantian berkala pada olinya. Naahh untuk kali ini aku akan berbagi ilmu dan taktik tentang pembelian oli mesin agar terasa murah, boleh ditiru kok namun ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi agar dampak murahnya terasa nyata. Sama sekali ga ada unsur penipuan dan gendam, hehehehe

image

Syarat awal yang harus dipenuhi adalah memiliki motor matic atau moped berkapasitas pergantian oli mesin berkala sebanyak 800ml, dan jumlah motor harus 2 biji atau lebih sangat dianjurkan, pingin sangat terasa minimal harus punya 5 biji. Sebenarnya 2 aja cukup namun tidak begitu terasa, lah apalagi hanya punya 1 biji. Berhubung aku punya 3 biji motor matic, sedikit banyak taktik yang aku lakukan lumayan terasa. Begini penjelasannya…
image

Sebelum menjelaskan, perlu diketahui bahwa oli yang aku beli adalah pertamina enduro matic kemasan 1 liter aka 1000ml.

Rumus:
Diketahui:
harga 1000ml = Rp. 42000
harga 800ml = Rp. 38000
Ditanya: r = ?
Penjelasan:
1000ml x 4 botol = 4000ml
800ml x 5 botol = 4000ml
Naahh sama kan totalnya 4000ml dan itu bisa untuk 5 biji motor.
42000 x 4 botol = 168000
38000 x 5 botol = 190000
lho!! Jumlahnya sama 4000ml kok selisihnya segitu amat yaa?? Mencapai 22ribu.

Naahh sudah cukup menjelaskan bukan, total isi sama yaitu 4000ml tapi kok bisa selisih harga sebanyak itu, maka dari itu sejak vario dikirim ke rumah bulan juni lalu, aku mencoba menerapkan cara ini.
Kan lumayan tuh bisa menghemat harga segitu, ketika di awal aku beli oli enduro matic 1000ml sebanyak 4 botol, setiap kemasan tidak aku tuang semua dan menyisakan 200ml untuk pergantian selanjutnya.
Kesimpulannya, 4 botol 1000ml harus menyisakan 200ml untuk tiap botolnya, sisa 200ml tersebut dijadikan satu dengan sisa dari botol lainnya hingga ditemui 4 botol masing-masing sisa 200ml bila dicampur akan menjadi 800ml dan siap untuk dipakai lagi di kemudian hari.
image

Ketika orang yang tidak tau cara ini, mereka mengeluarkan duit sebesar 190ribu untuk 5 motor maka aku hanya cukup mengeluarkan duit 168ribu untuk 5 motor. Dan itu untuk merk oli yang sama.

Tenang aja merk oli bisa sesuai keinginan masing-masing, meskipun jumlah nominal berbeda entah makin besar entah makin kecil tapi bisa dipastikan cara perhitungan pasti sama dan pasti menguntungkan.

Gud Lhaq…

CSDTK
image

image

image

Posted from WordPress for Windows Phone

Penulis: John_Hendy

John Hendy of Mars

33 tanggapan untuk “Kebiasaanku Selama Ini, Cara & Taktik Beli Oli Agar Terasa Murah, Boleh Ditiru”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s