Byson-ku Kebanyakan Relay, Berikut Penjelasannya Digunakan Untuk Part Apa Saja

Sugeng dulur…

image

Bingung cari judul apa yang tepat, ya sudahlah itu aja yang dipakai. Share lagi nih soal byson yang selalu dioprek dan ga pernah ada selesainya dijadiin bahan eksperimen terus oleh gue. Untuk sistem kelistrikan byson udah dioprek ga karuan, tatanan yang ruwet dari kabel yang sliwar-sliwer disana-sini. Hampir kebanyakan sistem komponen yang menggunakan kelistrikan pada byson aku tambahkan relay untuk menunjang kinerjanya agar lebih optimal. Ga usah panjang lebar lagi langsung aja biarkan gambar berbicara dan penjelasan terlampir.

image

Tuh ruwet bukan? Bagaimana tidak lha wong kabel yang bersliweran itu merupakan kabel alarm, kabel-kabel untuk 4 buah relay dan soket-soket kabel untuk semua kontrol kelistrikan pada motor.
Naahhh 4 buah relay itu digunakan untuk apa aja yaa, yuk monggo dengan berkenan disimak penjelasannya.
image

image

2 buah relay pertama digunakan untuk lampu depan.
Salah satu dari dua relay tersebut diharuskan memakai relay matic yang berkaki 5 dan memiliki 87 pisah, relay tersebut berfungsi untuk memisahkan dua macam output dalam satu relay, yaitu di 87 & 87a. Skema diatas sudah cukup terang menjelaskan, juga perlu diketahui dari keunggulan dari skema diatas, apabila saat lampu dekat menyala dan ketika kita menekan pass beam maka otomatis lampu dekat akan mati, tidak menyala bebarengan yang akan mengakibatkan konsumsi listrik yang berlebih, bagaimana tidak lha byson pakai bohlam h4 kalau lampu dekat nyala dan lampu tembak nyala, apa ga nyedot listrik banyak tuh hingga 105 watt sendiri kalau cara diatas ga aku gunakan. Nahh apabila sistem diatas disematkan pada motor sport yang memiliki pass beam, niscaya akan lumayan menghemat daya aki, sebab lampu dekat akan otomatis mati saat pass beam ditekan. Karena ‘lampu dekat mati saat lampu jauh dinyalakan’ itu udah umum. Bila ‘lampu dekat mati saat lampu tembak dinyalakan’ itu belum ada.
Cara ini bisa diterapkan pada kendaraan apa saja, baik roda 2, roda 4, dan roda banyak.

image

Karena si byson ada alarmnya maka fitur standar sebuah alarm adalah bisa meng-on-kan motor dan menghidupkan alias starter mesin jarak jauh pakai remote, jadi byson bisa melaju tanpa kontak dan tanpa kuatir kekurangan supply listrik ke seluruh sistem dan untuk mengoptimalkan kinerjanya tersebut aku tambahkan sebuah relay.
Kabel alarm yang warna oranye, kalau bisa jangan dilangsungkan disambung ke output kontak, melainkan dengan tambahan relay dengan cara diatas. Sebenarnya apabila tanpa relay sih masih baik-baik aja tapi daya yang mengalir kurang optimal. Itu cara untuk meng-on-kan motor.

image

Nah kalau ini skema untuk stater motor via remote, bedanya dengan skema meng-on-kan motor yang menggunakan relay hanya untuk memperkuat supply listrik, untuk tambahan relay pada sistem starter ini memang diperlukan. Karena pengendali starter dari alarm berarus positif maka mau tidak mau harus dikonversi dahulu ke negatif menggunakan skema relay diatas. Meskipun pengendali yang keluar dari kabel warna biru alarm berarus positif bisa berubah menjadi negatif dan mampu menghantarkan arus untuk memicu starter agar menyala. Saklar stater yamaha berarus negatif, kalau honda berarus positif jadi ga perlu dikonversi alias langsung sikat.

image

Meski dalam proses tampak ruwet kalau udah dirapikan bakal terlihat rapi.

Sepenggal kisah dari hobi oprekisasiku, semoga berguna bagi nusa dan bangsa.

Gud Lhaq…

CSDTK

image

image

image

Her name is ……..

Posted from WordPress for Windows Phone

Penulis: John_Hendy

John Hendy of Mars

27 tanggapan untuk “Byson-ku Kebanyakan Relay, Berikut Penjelasannya Digunakan Untuk Part Apa Saja”

  1. maaf mas mau nanya,
    kebo ku juga baru pasang lampu tembak tapi tanpa relay , jadi langsung tak sambung dr aki, lha tapi kok posisi kontak off , trus saklar tak on kan, lampu tembak tetep nyala ya? gmna carae biar nyalanya cuma waktu kontak on dan saklar on aja mas ?

    Suka

  2. Gan, la itu skema yg kabel oren. Kl misal konci kontak dibobol modul alarm bakalan fungsi buat bikin mesin ga nyala ga gan?

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s