Cara Irit & Skema Alternatif Pasang Relay Pada Bohlam H4 di Yamaha Byson

Sugeng dulur..

image

Sudah masuk di tahun ketiga tungganganku “Nheyla” sang byson biru yang kini sudah berusia 4 tahun menggunakan bohlam philips H4 pada headlampnya. Tidak serta merta begitu saja aku mengganti bohlam dari aslinya HS1 35/35 watt menjadi H4 60/55 watt, pasti ada sesuatu hal yang harus dilakukan agar kinerja lampu optimal dan kondisi aki senantiasa fit, yaitu pemasangan relay, fungsi dari relay tersebut adalah untuk memperpendek arus dari aki ke beban dan relay sebagai pengaturnya.
Namun ada alternatif cara agar irit relay, begini penjelasannya…

image

Bisa menggunakan relay 4 kaki jenis dan merk apapun, yang kiri itu tipe relay konvensional berisikan kumparan yang menghasilkan magnet utk menarik, sedangkan yang kanan relay modern, meskipun cara kerjanya sama, namun relay ini sudah menggunakan arus listrik yang lebih simple dan praktis. Bentuk ukuran pun sudah mampu menjawab.

image

Apabila banyak yang sudah bertebaran di dunia maya merupakan skema seperti gambar diatas menggunakan 2 buah relay untuk 1 buah bohlam 2 filamen yaitu untuk lampu jauh dan dekat. Beda halnya denganku yang cukup menggunakan 1 buah relay.

image

Sistem relay yang aku sematkan pada byson adalah seperti gambar diatas. Bila biasanya output dari saklar high-low masuk ke kutub 86 relay lalu selanjutnya dikeluarkan oleh 87 untuk diteruskan ke lampu, maka berbeda halnya denganku yang menjadikan kutub 87 relay sebagai output ke saklar high-low lalu selanjutnya biarkan saklar high-low yang mengatur mau high apa low. Jadi enak bisa irit relay.

Cara ini bisa diterapkan di motor apapun yang memiliki soket tiga kaki dan di headlamp motor yang sebelumnya memakai bohlam HS1 lalu mau diupgrade ke bohlam H4, dengan syarat mika reflektor harus kuat dan tahan terhadap suhu panas yang tentu lebih tinggi dari bohlam bawaannya.

Dan perubahan upgrade ini sudah berjalan 3 tahun, belum terjadi kendala berarti, bohlam ya belum pernah putus, aki bawaan masih joss yang berusia sama kayak motor, reflektor pun Alhamdulillah aman jaya. Berhubung ini byson lansiran pertama, jadi masih belum AHO alias masih memiliki saklar, kalau siang hari lampu dimatikan global warming.

Kalau anda mumet silakan bertanya di bilik komentar, kehormatan bagiku bisa menjawab.

Gud Lhaq…

CSDTK

image

image

image

Posted from WordPress for Windows Phone

Penulis: John_Hendy

John Hendy of Mars

27 tanggapan untuk “Cara Irit & Skema Alternatif Pasang Relay Pada Bohlam H4 di Yamaha Byson”

  1. Gan..klo upgrade headlamp dr 35w ke 60w apakah perkabelan lampuny jg hrus dganti..ato pke standard pabrikny aj..??
    Soalny wattny kn besar..oiya motor sy tiger revo mau upgrade k h4

    Suka

  2. Berarti lampu dim m dekatx di gabung itu gan untuk masuk relay kode 87 yg pkai relay 2 g binggung ,py yg satu relay lumayan mumet kn songket lmpu ada 3 kabel ground dan kabel jauh dekat.

    Suka

  3. Maaf gan saya msih kurng fhm dan ingin brtnya…yg 86 itu menuju ke mana ..trus simbl X pd gris putus” itu apa..dan jalur yg menuju ke saklar high low itu nyambung ke kbel yg mana..mhon penjelasanx

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s