Aduuuh Ban Byson Bocor Lagi, Satu Tahun Sudah Tiga Kali

Sugeng dulur…

Secara tidak sengaja aku menemukan sosok benda mencurigakan berwujud skrup yang menempel jeru alias menancap jleb pada ban belakang bysonku. Tidak diketahui sejak kapan benda kecil nan jahanam ini melubangi dan terikat erat di ban tubeless byson. Untung tubeless, kalau tertancap benda asing gak bakal bocor bila gak dicabut.

image

2 hari sebelum ditemukan sempat aku mencuci dan tampaknya ban masih baik-baik saja, lalu kemarin dipakai jalan-jalan sore, tepat tadi siang saat lagi asyik mengelus-elus velg berwarna putih nan cantik, eh ada sebuah titik kecil yang mengkilap menempel pada ban, tidak lain tidak bukan, ban ketancep boss!!! Oalah bocor maning bocor maning. Wah jangan-jangan hasil jalan-jalan sore kemarin nih. Skrup lumayan gede, ulir skrup bisa merusak ban nih kalau dicabut sendiri, kali ini agak males untuk ngatasi sendiri dan gak mau ambil pusing langsung aja gas meluncur tukang tambal ban tubeless terdekat di kota saya.

image

Proses tambal ban tubeless cuepet banget, cabut sekrup angin ngowos keluar, lubang diperkosa dengan alat cubles agar agak lebar dikit lalu secepat kilat karet cacing penambal dicobloskan, dan ditinggalah karet tersebut dalam lubang. Pokoknya kilat deh gak ada one minute.

image

Hasilnya seperti ini, kayak abis ngelindes permen karet. Dibiarkan aja biar menyatu dengan ban, entar kan bakalan menjadi hitam dengan sendirinya.

image

Bocor pertama kali terjadi saat 2 bulan pemakaian ban ini, waktu itu cuma tertancap paku triplek jadi aku tambal sendiri menggunakan lem G.
Bocor kedua kali terjadi saat 2 bulan setelah bocor pertama, waktu itu cuma tertancap kawat, namun tambalan lem G pada bocor pertama retak dan bocor lagi, jadi kali ini aku isi dengan cairan anti bocor dan Alhamdulillah aman jaya sehat sentosa.
Nah bocor yang ketiga kali ini, cukup parah lubangnya, serahkan saja biarkan ahlinya menangani.

History ban nemplok di byson:
Ban IRC road winner bawaan, gak pernah bocor, laku dijual, dipakai hampir dua tahun.
Ban IRC road winner ukuran 140/70 gak pernah bocor, laku dijual, dipakai cuma 4 bulan, gegeden keliatan koplo.
Ban FDR sport XR evo ukuran 100/80 gak pernah bocor, laku dijual, dipakai 4 bulanan aja, kekecilen gak mantabh kalau dibuat nikung pas jalan basah.
Dan ini yang terakhir corsa S123 110/70, bocor udah tiga kali, plis donk jangan ada bocor lagi, aku udah cocok dengan ban ukuran ini, bilasaja esok hari grip ban habis, aku akan beli ban ukuran ini lagi.

CSDTK

image

image

image

Posted from WordPress for Windows Phone

Penulis: John_Hendy

John Hendy of Mars

One thought on “Aduuuh Ban Byson Bocor Lagi, Satu Tahun Sudah Tiga Kali”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s