Wah Suzuki Satria Injeksi Tiru-tiru ABS Versi Murah Milik Byson-ku (Konyol)

Sugeng dulur…

Memang tak bisa dipungkiri kalau nama satria sebagai gacoan motor roda dua berbasis ayago tidak memiliki tandingan selama ini, melenggang dengan percaya diri tanpa saingan yang berarti dari lawannya yang masih konsen di segmen sport dan bebek super. Namun sepertinya perjalanannya kali ini cukup terganggu oleh hadirnya sang rival, sehingga memaksa pabrikan berfikir keras untuk bisa melanjutkan hidupnya di geliat pasar otomotif roda dua. Maka dari pada itu, hadirlah suzuki satria injeksi untuk melanjutkan pamor satria karbu yang mulai terkubur. Akankah mampu nama satria berdiri lagi??

image

Namun dulur… Bukan itu yang aku bahas disini, pasar otomotif naik turun, gua gak peduli keles, apa untungnya buat gua kalau ikut peduli. Hehe

Begini…
Banyak artikel yang sudah berserakan di dunia maya tentang spyshot suzuki satria injeksi ini, mulai dari syuting iklannya, wujud gamblangnya, bahkan spesifikasi dan upgrade apa aja yang dilakukan dari satria karbu. Namun ada satu hal yang bikin aku mikir dalam-dalam bahkan hampir membuat kentir. Apakah itu?? Itu loh tentang pinggiran disc cakram yang bermotif kembangan yang disinyalir berfungsi sebagai ABS versi murah.

Disini aku bingung pada sebuah argumen dengan pembahasan keunggulan pinggiran disc cakram yang bergelombang itu bahwa berfungsi sebagai pendinginan untuk rem cakram sendiri karena bentuknya seperti kipas petal disk brake juga dapat membersihkan kaliper rem dari kotoran dan debu yang menyelinap diantara komponen disk brake saat musim hujan. Dan anehnya lagi disc brake kembang dapat berfungsi sebagai rem ABS versi murah. Ini karena piringan cakram yang secara bergantian luas dan menyempit pada permukaannya, sehingga rem tidak akan terkunci penuh saat master rem ditekan. Wah wah wah pemahamannya bagaimana ini, sumpah otakku gak nyampek. Bukannya disc cakram itu lurus presisi ya, meskipun bergelombang tapi sama sekali gak ada perbedaan ketebalan dari semua sisi, jadi apabila pinggiran disc saja yang bergelombang, itu tidak akan mempengaruhi kinerja rem. Jika rem ditekan, kalau nge-lock ya nge-lock aja, gak ada istilahnya mencegah nge-lock seperti pada sistem ABS kalau bentuk piringannya seperti itu.

Sekarang ayo mari kita pikir bersama pakai logika manusia sehat.
Apakah disc cakram bentuk kembang, bila rem ditekan, akankah disc seperti itu akan mencegah nge-lock?? Itu namanya rem rusak.

Anda bingung? Sama saya juga!

image
Berarti byson-ku menganut sistem ABS donk?? Tuh lihat aja kembangannya banyak banget. Itu tidak ubahnya hanya sebatas seperti cakram variasi.
image
Disc cakram depan belakang bergelombang, jumlah kembangnya lebih banyak, satria injeksi kalah telak.
Tapi kalau rem diinjak atau ditekan kok gak terasa endut-endutannya ya kayak di sistem ABS??

Okelah maaf, kalau memang sistem seperti itu benar adanya dan memang disematkan pada satria injeksi yang tanpa modul dan tanpa kabel sensor, berarti insinyurnya suzuki hebat. Menjadi pencetus alias pencipta teknologi mutakhir terbaru yang akan mengguncang dunia otomotif roda dua, atau mungkin bahkan bisa diterapkan pada roda empat. Kita lihat saja nanti, apakah memang iya benar adanya teknologi seperti itu.

CSDTK

Wez ora usah bingung
image

image

image

Posted from WordPress for Windows Phone

Penulis: John_Hendy

John Hendy of Mars

15 tanggapan untuk “Wah Suzuki Satria Injeksi Tiru-tiru ABS Versi Murah Milik Byson-ku (Konyol)”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s