Cara Nge-cat Velg Tubeless Dengan Baik dan Benar

Sugeng dulur..

Share aja nih.. Biar para pengoprek motor paham lebih lanjut untuk mengoprek tunggangannya. Bagi sobat yang suka memodif motor sendiri entah itu performa mesin atau just penampilan aja. Kali ini aku kasih cara yang tepat supaya nge-cat velg tubeless agar hasilnya bisa sempurna tanpa bongkar ban.

image

Pokoknya ban tubeless yang digabungkan dengan velg tubeless itu sempurna banget, susah banget dilepas apalagi kalau cuma pakai tangan dan alat seadanya ala tukang tambal ban pinggir jalan.

Sebaiknya jangan diganggu itu ban, sebab kalau pinggir ban keluar dari grip velg, oh my God niscaya akan setengah mampus mengembalikannya. Perlu di”bazzoka” di bengkel mobil terdekat.

Begini,,, so pasti awal langkah kudu menggembosi ban tersebut sampai angin habis hingga tetes terakhir.
Gosok dengan amplas seperlunya, yang penting top coat dari cat lama velg terkikis.
Cuci dengan sabun mandi biar wangi.
Oke lah yaa, itu langkah dasar sebagaimana mestinya cara awal mengecat. Langsung aja ketahap lebih lanjut.
image

Seperti pada gambar diatas.
Aku menggunakan kertas karton bekas kalender. Salah satu sisi dipotong melingkar sesuai lingkar velg.
Harus kertas karton yaa, biar keras mantap gak loyo.
Cara memasukkan karton ke dalam velg.
*Tidurkan velg beralaskan keset yang empuk.
*Injak pinggiran ban dengan kaki.
*Lalu masukkan karton yang sudah dipotong tadi satu demi satu sampai tertutup semua.
Yaa ampuuun cepet dan mudah sekali.

image
Oke kan, kanan kiri sudah tertutupi, jadi gak ada cerita kertas mudah sobek ban kena cat dan bla bla bla..
image

Naaahh… Kali ini tahap pengecatan. Semprot terlebih dahulu bibir velg yang melingkar bolak-balik, itu tuh bagian yang paling pinggir bersentuhan dengan ban. Dan setelah itu bagian-bagian yang sulit terlebih dahulu, seperti bagian yang nyelempit lainnya, jangan bagian yang terbuka dulu.
Karena apa, tuh lihat aja pas aku ngeksekusi pinggirannya aja, bagian palang velg terkena bias cat yang berterbangan.
Dan setelah dirasa bagian nyelempit sudah teratasi, baru deh bagian yang gampang dilihat mata diatasi.

image

Woooowww kinclong bener bukan??
Jemur diterik matahari dan angis yang berhembus biar kering benar dan bau catny hilang.

Nah ini yang perlu diperhatikan.. Cara nyopot kertas jangan seperti cara pasangnya. Gak perlu ditidurin dan gak perlu diinjak. Cukup disandarkan dan ditekan tangan kiri dan tangan kanan mencabut secara perlahan.

image

Itulah sedikit ilmu dari aku yang jago dalam hal ini. Hehehe

Motor jadi cantik, gak perlu orang lain yang mempercantik pren, kita sendiri juga bisa, udah biaya lebih murah, skill juga nambah.. Bhetul??

Gud Lhaq..

CSDTK

Bonusimage

image

Posted from WordPress for Windows Phone

Penulis: John_Hendy

John Hendy of Mars

3 tanggapan untuk “Cara Nge-cat Velg Tubeless Dengan Baik dan Benar”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s