Yamaha Byson Tidak Cocok Minum Pertamax, Menurut Saya Seorang

image

Sugeng dulur..

Berawal dari kembalinya saya saat melalui perjalanan yang cukup jauh, touring bersama kawan byson dan beberapa motor lain, surabaya-jember-malang-surabaya mengendarai sang jagoan nomor satu di dunia (menurut saya seorang), dalam 2 hari hampir 1000 kilometer terlampaui, cuaca alam saya terjang tak peduli, panas terik hujan badai saya hadapi, pas becek saya berteduh di warung kopi, takut bila byson kotor nanti.

image

Seminggu sebelum berangkat ke jember (riding tengah malam sampai disana subuh), byson sudah diberi asupan gizi susu berjenis premium sampai tumpeh-tumpeh, susu jenis itu sudah seperti yang byson asup selama ini sejak ia lahir, jadi waktu malam berangkat sisa bensin di tangki byson menunjukkan 3 bar.
Perjalanan dilalui masih dengan keadaan segar dan bugar, baik saya maupun motor, baru servis dan ganti oli.
Saat setelah keluar dari lumajang dan mulai masuk ke jember, rekan-rekan mulai isi bensin semua, daripada nanti tidak ketemu lagi pom bensin jadi saya juga ikutan isi, sok keren lah saya agar dilihat kawan-kawan, “pertamax full mas”, ucap saya. Padahal sudah biasa loh, banyak biker yang setiap hari malah pertamax, saya saja yang ndeso baru isi pertamax. Hahahaa…

Perjalanan saya lanjutkan, mulai lelah capek melanda, semalaman tidak tidur.

Oke langsung saja, bukan di jember atau kisah touringnya yang mau saya ceritakan, singkat cerita saya sudah pulang ke surabaya dan beraktifitas seperti biasa.
Keesokan harinya byson terasa aneh, mulai dari suara knalpot, deru mesin dan hawa panas motor. Kenapa ya ini? Meski tenaga masih terasa fit, tapi ini bukan byson-ku yang biasanya. Mungkin habis perjalanan jauh kali ya, apalagi betot gas dalam-dalam di jalanan lengang sering terjadi.

Oke deh saya servis sendiri, bakat saya mungkin ya di dunia roda dua, lulusan smk otomotif, dan puluhan motor milik teman sudah pernah saya servis, karena dulu pernah serabutan di bengkel motor.
Tahap awal sampai tahap akhir sudah saya lakukan, dari karbu, oli, kabel gas & kopling, busi, dll deh total pokoknya.
Kok suara mesin masih aneh, knalpot amburadul, berisik gak sukak deh!!
Apanyaaaa ini??!!!
image

Apa gara-gara bahan bakarnya ya?? Pertamax kan panasnya tinggi, tenaga memang lebih joss karena kompresi tinggi. Tapi enggak ah, pokoknya titik, aku mau byson-ku yang dulu.
Baiklah kalau begitu, kuras sajalah bensinnya, kalau masih tetap tidak kembali awal, baru bawa ke beres.
image

image

image

image

image

Bagi yang belum tau, pertamax itu warnanya biru kawan.

Setelah terkuras habis sampai kering kerontang tak tersisa, lalu dituangi sedikit premium milik souluna secukupnya asal bisa sampai di pom bensin dekat rumah.
Pertamax jadi tidak berguna, buang saja di got.
Eh iya benar ternyata, masalahnya ada di pertamax. Setelah diisi premium lagi, Alhamdulillah byson kembali ke awal, asyeeeekkk!!! Suara knalpot yang ulem tertahan tak keluar sempurna, mesin yang tidak cepat panas, pembakaran yang tidak begitu baik.
Seperti bayi, kalau susu formula yang sudah cocok diganti malah bayi sakit-sakitan.
Wah byson ini tidak bisa diajak kaya, tidak bisa dijajani yang enak-enak, tapi mau gimana lagi. Saya bukannya tidak mampu beli pertamax, tapi apa mau dikata, byson cocoknya minum susu jenis premium.
Suaranya hampir kayak ninja 250 atau R25 (kalau sudah ganti knalpot racing full system soalnya), beneran sumpah gak boong!!
image

Gud Lhaq..

CSDTK

Posted from WordPress for Android

Penulis: John_Hendy

John Hendy of Mars

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s