Introduce The Byson 2011 Shiny, Tiny, and Racy

Sugeng Dulur…

Memperkenalkan Byson 2011 dengan modifikasi ringan saja yang penting terkesan tidak standar lagi..

yamaha_byson1


Diperoleh dengan cara menyicil, Alhamdulillah yang penting halal dan syah menurut hukum dan agama. Tepat pada tanggal 1-11-2011, si bronfit ini mendarat tepat di jantung hati saya, dan saya umumkan, tanggal itulah hari kelahirannya, dan setiap tanggal 1 bulan 11, saya ulang tahuni kecil-kecilan di samsat alias bayar pajak. Hehehe…

Berikut beberapa jepretan dan penjelasan terlampir.DSC00025yamaha byson 38Aku beri nama dia Bysonic Prime, itu nama kerennya. Kalau nama cantiknya, Saphira. Berasal dari kata sapi, byson kan sapi amerika.

speedometer bysonTerhitung sejak gambar ini diambil (30-11-2014), jarak tempuh si Prime ini sudah mencapai 14.693 km. Terhitung masih sangat sedikit untuk motor yang sudah berumur 3 tahun, lha wong aku beli cuma kepingin aja, bukan untuk kendaraan utama, biar bisa ngangkat derajatku sedikit, hehehe… Cuma keluar kandang kalau ada event tertentu saja, seperti touring keluar kota, propinsi, bahkan pulau, atau untuk sekedar show off aja alias pamer… Hihihi…

yamaha byson 44

DSC00029Memakai stang jepit ride it, agar terasa lebih sporty and racy, biar nunduk (gak nunduk-nunduk banget kok, cuma nunduk aja) karena memang pada dasarnya saya beli motor sport racing bukan sport touring, kalau ada new vixion pada tahun 2011 pasti saya membelinya, berhubung motor sport 150cc harga terjangkau  yg ber-velg lebar pada masa itu hanya byson, apalagi kehadirannya menggebrak dunia perhelatan, jadi ya jatuh cintanya sama byson.

Shock depan cukup diturunin sedikit saja sebatas sebagai rumah stang jepit. Dan gak perlu nambah oli shock.

DSC00026Ada yang tampak berbeda? Dari byson standard tentunya. Tau dimana? Ya, tuas dan kabel choke aku buang, dan intake aku perpendek(digergaji), keracunan virus yang udah banyak menyebar di dunia maya. Berikut penjelasannya dan cara menyelesaikan masalah yang timbul karena perlakuan nakal diatas..

yamaha byson carb2

Cuma ada kabel gas saja, kabel dan tuas choke yang ada panel tangan kiri aku buang, gak ada masalah sih dari perlakuan yang ga senonoh ini, jadi ya gak ada masalah yang perlu diselesaikan. Pilot dan main jet aku korek sendiri pakai feeling, pokoknya yakin kalau itu sudah tergerus ya sudah, jangan banyak-banyak.yamaha byson carb1

Tuh kan, pipa intake bahkan tak terlihat, hanya ada karet yang tahan panas. Masalah yang timbul dari tindakan ini adalah knalpot jadi nembak2, busyet gak karuan deh, ngeri dengernya. Tapi sebagai laki-laki, berani memulai harus berani mengakhiri, solusinya adalah, selang dari AIS(Air Induction System) yang terdapat di cover tangki sebelah kanan, selang yang menuju kop silinder ditutup, entah dengan apa terserah pokoknya harus mati, kalau aku sih pakai baut yang kepalanya sebesar lubang selang tersebut. Dan yang menuju ke intake manifold, aku pasang kembali dengan mengikuti imajinasi pribadi, seperti gambar diatas itu. Selesai deh masalahnya, gak ada lagi suara bletak-bletak, apalagi kalau udah rpm tinggi terus gas dilepas, wow langsamnya terdengar super beautiful.

yamaha byson 27DSC00032

DSC00031Berpindah ke buritan, kaki-kaki kecil yang menawan namun tidak kekecilan membuat penampilan byson menjadi langsing, bak seorang ladies yang berkaki jenjang tinggi langsing namun berdada montok, Aura Kasih, begitulah aku menggambarkannya lewat byson-ku ini, dia inspirasiku.

Dibalut ban corsa s123 ukuran 110/70-17, sangat cakep sekali melekat di velg berlebar 3.5inch ini. Dan gear belakang yang awalnya 40, aku ganti jadi 42, dan disinilah terjadi titik pertemuan yang mengakibatkan pertempuran antara akselerasi vs top speed. Dengan ban dan gear bawaan, top speed bagus banget aku peroleh, tapi setelah aku ganti seperti itu, aku kehilangan banyak top speed, agak sedih sih, tapi jadi terobati dengan akselerasi yang loncat-loncat, gesit dan lincah. Ada minus ada plus. Pokoknya apa yang kau tanam itu yang kau petik lah..

DSC00049
image

Beralih ke bagian haluan, ditemani disc cakram lebar si karet bundar terlihat tampan, apalagi si karet bundar sudah aku perkecil secantik mungkin dengan corsa s123 ukuran 90/70-17 membuat tampilannya makin langsing. Tapi disini ini yang membuat aku sangsi, speed cepet banget nyampai 130km/h. Karena ukuran ban yang terkesan lebar namun ceper, jadi keliling lingkar roda semakin pendek, angka di speedometer mencapai 130km/h, padahal realita gak sampai segitu, paling ya berapa..

DSC00043 DSC00042Cakram belakang selebar cakram depan, mencengkramnya sampai, kata orang surabaya, ngosek-ngosek, padahal nginjaknya dikit  dan perlahan.

Pipa pembuangan bertajuk car muffler (knalpot mobil) beli di tidar seharga 400rb, pokoknya tau jadi, tinggal sorong(kata Doyok). Suara gak jauh beda lah, 11-13 sama suara mesin 2 silinder. Hihihi… Serius aku.. Bilangin kok!!

yamaha byson brakeDSC00055Asli buatan saya dan ebes tercinta, bengkel modif manapun gak ada yang pemikiran cara pemasangannya seperti itu. Hak cipta tapi gak aku patenkan kok, pun kalau iya, terus mau apa. Hehehe… Silahkan dijadikan inspirasi.

yamaha byson 36yamaha byson 51Sistem kemudi sudah menerapkan pengaman kunci kontak bermagnet, mengambil milik jupiter z, tentu dengan sedikit ubahan agar bisa masuk ke lubang rumah kunci kontak byson. Rencana di next artikel mau bahas jeroan dan cara pasanganya, juga rincian biaya.

DSC00034 yamaha byson 40byson bagasi

Filter udara aku jadikan bagasi, lumayan bisa buat menyimpan sesuatu, dan aku ganti pakai filter portable yang tidak memakan tempat. Dan tidak lupa saya sematkan charger di motor dengan saklar, ya tentu untuk mengisi ulang gadget agar tetap hidup saat jauh dari rumah.yamaha byson 65DSC00007Bohlam H4 12V 60/55 watt menemani saat cahaya mulai memudar dan kegelapan mulai menyelimuti, dengan relay tentunya sebagai penolong aki biar gak bangkrut, belum ganti aki nih dari pertama beli, YTZ4V memang TOP!!!!

DSC00011

yamaha byson 46

 

BONUS….

Bapak-bapak kasihan…

bapak bapak kasihanbapak bapak kasihan

Penulis: John_Hendy

John Hendy of Mars

8 tanggapan untuk “Introduce The Byson 2011 Shiny, Tiny, and Racy”

  1. bro reflektorya meleleh pakai lampu dengan daya sbesar itu,soalnya panasx pasti berlebihan.kalo gak leleh ane mau pakai juga,soalx ane skrang pakai lmpu hid.

    Suka

    1. Ngga, ASAL pake saklar, siang harus mati, dinyalain kl kira2 terlihat ada polisi saja. Hehe
      Malam kan dingin, jd ga ada panas dari luar(matahari)
      Yg bikin leleh kan panas dr dlm ketemu panas matahari.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s